Mendongkrak Semangat Belajar


                                                                                                        
  Penyakit "Malas" Melanda !!! 

                           
            Malas belajar adalah “penyakit” yang selalu menghinggapi pelajar. Mungkin kamu sendiri sering merasakannya. Apalagi ketika belajar, baru membaca sepuluh menit, eh mata sudah nggak bisa diajak kompromi. Bawaannya ngantuk. Berbeda ketika nongkrong di depan TV. Mata seolah-olah bersahabat dengan kita. Aneh nggak, sih? Terus bagaimana cara membasmi penyakit yang satu ini?
            Apa kamu mau ketika dikelas hanya jadi “penonton” saja? Tidak pernah menjadi “pelaku”. Hanya diam saia, sedangkan orang lain berlomba-lomba untuk berprestasi. Tidak maukan dibilang sebagai anak yang ketinggalan?
Malas belajar tidak hanya menyebabkan kebodohan, tapi juga dapat menimbulkan perilaku yang tidak terpuji . karena tidak mau belajar, akibatnya ketika ulangan kamu tidak bisa. Jangankan menjawab soal, membacanya saja sudah puyeng. Akhirnya, kamu akan mencari alternatif terakhir, apalagi kalau bukan “nyontek”. Gawatnya kalau ketahuan guru. Perilaku mencntek menunjukan mental yang curang, tidak percaya diri, tidak mau berusaha, membohongi diri sendiri dan orang lain.
            Belajar dadakan ketika akan menghadapi ulangan jiga tidak efektif lho. Kamu belajar semalam suntuk seperti orang lagi ngejar setoran alias SKS (sistem kebut semalam). Paginya kamu malah pusing dan ngantuk. Jangankan bisa konsentrasi ulangan. Entah nyasar ke mana ilmu yang sudah ditampung semalam.
Agar “penyakit” tersebut tidak menggerogoti terus-menerus, kamu harus punya obat ampuhuntuk membasminya. Yuk kita perhatikan obat berikut.
Aturlah waktu dengan baik. Jangan pernah menyia-nyiakan waktu karena waktu yang sudah pergi tidak akan pernah kembali. Prioritaskan untuk belajar.
Biasakanlah pola hidup sehat. Tidur yang cukup (antara 6-8 jam), olahraga teratur, dan makan makanan yang bermanfaat bagi tubuh dengan gizi seimbang. Tidak harus mewah, sederhana tapi menyehatkan. Ingat mensana in corpore sano, artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula.
Butlah jadwal kegiatan sehari-hari sehingga seluruh aktivitas dapat terencana dengan baik. Belajarlah dengan tata cara yang baik, yaitu berdoalah sebelum belajar denga niat tulus akan belajar sungguh-sungguh. Pusatkan pikiran ketika belajar. Ketika kamu mulai merasa jenuh, berhentilah sejenak untuk menenangkan otak, bisa dengan nonton TV (minimal 10 menit), berdiri, duduk rileks, berjalan mengelilingi ruangan, atau juga menggerak-gerakkan badan, setelah itu, belajarlah kembali dengan tenang.
Pilihlah waktu belajar dengan tepat. Sore hari cocok untuk pelajaran yang bersifst hafalan, sedangkan pagi hari (subuh) cocok untuk hitungan. Belajarlah secara bertahap. Jangan pernah menumpuk pelajaran. Ingat! Bisa karena biasa.
Belajarlah selagi masih Muda. Mumpung otak kita masih ‘oke’. Karena seperti kata pepatah, “Belajar di waktu kecil bagai menulis di atas batu, sedangkan belajar di waktu dewasa bagai menulis di atas air, tak berbekas sama sekali”.
Bersemangatlah selalu dan jangan sering mengeluh. Karena dengan mengeluh apapun tidak akan kita dapatkan tanpa adanya usaha, maka bersemangatlah dalam belajar.
Mungkin itulah beberapa obat ampuh untuk membasmi “ penyakit” malas belajar. Mulai dari sekarang marilah kita ubah cara berfikir kita agar tidak malas dalam belajar. Semoga artilkel ini bermanfaat bagi semuanya!! J J

Komentar