Istri-Istri Calon Penghuni Surga dan Calon Penghuni Neraka


Istri-Istri calon Penghuni surga dan Calon Penghuni Neraka

Kaum wanita mungkin bisa bergembira dengan adanya kabar dari nabi yang secara jelas menyatakan bahwa “Wanita sebenarnya tak susah jika ingin masuk surga”; cukup bagi meraka melakukan shalat lima waktunya, melaksanakan puasa wajibnya dan terakhir adalah taat terhadap suaminya. Jika tiga hal tersebut sudah terpenuhi, maka mereka dipersilahkan masuk surga dari pintu manapun mereka suka.
Dari kabar tersebut munghin kaum hawa bisa bergembira hati. Namun perlu juga diketahui bahwa nabi juga pernah bersedih bahkan menangis ketika mengenang perjalanan isra;nya, beliau diperlihatkan neraka dengan segala macam bentuk adzabnya sekaligus para penghuninya. Ketika beliau ditanya tentang siapa penghuni tempat yang paling mengerihkan itu, beliau menjawab bahwa mayoritas penghuni neraka tersebut adalah kaum wanita.Lewat artikel ini  khususnya kaum wanita, lebih khusus lagi para istri  agar merenung sejenak tentang tindakan mereka kepada suami mereka.
Inilah istri-istri calon penghuni surga, diantaranya:
1.        Istri-Istri yang shaliha
“ Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baiknya perhiasan dunia adalah wanita shalihah”
       Sungguh sangat menarik ungkapan nabi, dunia ini adalah sebuah perhiasan, dan wanita dalam hal ini adalah wanita shalihah adlah sebuah perhiasan terindah  dari semua perhiasan yang ada didunia ini. Itu artinya wanita, secara umum sesungguhnya punya daya yang sama dengan yang dimiliki oleh perhiasan.
       Sebagai sebuah perhiasan, wanita sesungguhnya bisa menimbulkan 2 dampak bagi lelaki. Dampak pertama lebih mengarah pada hal yang negatif, yakni wanita tak ubahnya sebagai sebuah perhiasan yang hanya mampu memancarkan keindahan yang bisa membuat lelaki mabuk kepayang, tak lebih dari itu. Dalam posisi ini wanita hanyalah sekedar makhluk cantik yang hana mampu membuat mata terlena.
Dampak kedua, lebih mengarah pada hal positif. Dalam hal ini wanita bukan hanya sebagai perhiasn yang indah bila dipandang, namun terasa damai jika berada didekatnya. Wanita seperti ini bukan hanya cantik dari sisi luar, naun juga cantiik dari dalamnya. Dan wanita-wanita tipe kedua inilah yang dimaksud nabi sebagai “ perhiasan terindah”.
2.        Istri-Istri yang Sabar dalam menghadapi perlakuan buruk dari Suami dan tabah menghadapi cobaan hidup
Bagi anda yang mempunyai suami yang kejam, suka main tangan dan suka berbuat kasar hingga pada penyiksaan fisik. Maka cobalah untuk bersabar dengan tetap berusaha menyadarkan sang suami bahwa tindakan seperti itu dilarang agama. Seperti arti dari hadits berikut: “dan jika seorang istri besabar menghadapi keburukan akhlak suaminya, maka Allah akan memberikan kepadanya pahala seperti yang telah Allah berikan kepada Aisyah, isri fir’aun”
3.        Istri-istri yang Setia
Nabi pernah menyebutkan bahwa ada empat kriteria seorang wanita yang berstatus sebagai istri yang kelak akan dijamin masuk surga, salah satunya adalah wanita-wanita yang ditinggal suaminya mati sementara ia punya tanggungan untuk merawat anak-anaknya yang masih kecil dan ia tak mau menikah lagi sebab khawatir kalauia menikah anak-anaknya akan terlantar.
“istri setia”, inilah kata-kata yang berangkali tepat untuk menggambarkn sosok wanita yang oleh nabi dipastikan akan masuk surgamu kelak. Ya, wanita-wanita yang setia pada suminya inilah yang nanti akan merasakan kenikmatan surga.
4.        Istri-istri yang taat kepada suami dan yang menjaga kesucian diri
Bagi seorang wanita, lebih khusus lagi bagi seorang istri, masuk surga sesungguhnya bukanlah hal yang amat suli.kenapa begitu, jika seorang wanta itu sudah sempurna melaksanakan kewajiban shalat lima waktunya, kemudian ia juga sudah melaksanakan kewajiban berpuasa dibulan ramadhan, lalu ia pun menjaga kesuciannya, ia taat kepada suami, maka wanita tersebut dipersilahkan oleh Allah untuk memasuki surga dari pintu manapun yang ia mau.
5.        Istri-istri yang lembut dan penuh kasih sayang
Kelembutan dan kasih sayang itu dapat terlihat dalam beberapa sikapa, diantaranya:
·           Nada Bicara
Wanita disebut sebagai seorang istri yang lembut jika seorang wanita itu punya nada bicara yang santun terhadap orang lain, utamanya terhadap sang suami. Kelembutan bicara ini bukan saja diukur dari struktur bahasanya saja, namun nada bicaranya . seorang istri yang leah lembut pasti tidak akan pernah bicara dengan nada tinggi, apalagi dengan nada membentak atau marah-marah.
·           Perilaku
Istri yang bisa memperlakukan suaminya dengan perilku yangpenu dengan kasih sayang, maka ia akan mendapatkan dua kebaikan sekaligus. Kebaikan pertama, akan langsung ia terima ketika didunia, yakni ia akan makin disayang oleh suami.
Sedangkan kebaikan yang kedua, dengan memberikan kasih sayang kepada suami, seorang istri akanmendapatkan pahala yang tidak bisa dianggap remeh. Nabi dalam haditsnya menyatakan bahw calon ahli surga dari kalangan anita adalah pasa istri yang selalu mengasihi suaminya.
6.        Istri-istri yang selalu menyenangkan suami
Istri-istri yang kelak akan dimasukkan surga adalah mereka-mereka yang tak suka menyakiti hati suaminya. Dengan kata lain, diantara istri-istri yang dijamin masuk surga adala istri-istri yang selalu berusaha untuk menyenangkan suami.
7.        Istri-istri yang gugur dalam persalinan
“Sesungguhnya bagi wanita didalam masa hamilnya hingga melahirkan dan hingga masa menyapihnya adalah seperti orang yang berlumuran darah fisabilillah di dalam pahala; yang mana apabila ia meninggal ketika itu maka bagi wanita tersebut adalah pahala seperti pahala orang yang mati syahid”
Sungguh, begitu agung Allah menempatkan posisi kaum wanita.

Adapun istri-istri calon penghunni neraka, diantaranya:
1.        Istri-istri yang selalu menyakiti hati suami dan  yang sering  mencaci maki suami
Secara tipologi istri-istri yang selalu menykiti hati suami biasanya adalah mereka-mereka yang tak unya ketaatan kepada suami. Istri seperti ini malah berani untuk menentang, membantah jika diperintah dan tindakannya pun kasar.
2.        Istri-istri yang selingkuh dan gemar meminta cerai
       Siapapun orangnya pasti akan murka jika istrinya melakukan perselingkuhan . sebab bagaimanapun juga selingkuh merupakn bentuk penghianatan cinta. Pernikahan adalah sebuah ikatan cinta yang dinilai suci, baik oleh manusia maupun agama. Kalau Allah memerintahkan untuk melakukan ikatan cinta dalam bentuk pernikahan, itu berarti Allah menganggap bahwa hanya dalam bentuk pernikahan inilah tali ikatan cinta dari sepasang insan yang dianggap suci,selain itu tidak. Karenanya siapaun yang memutuskan tali cinta yang sakral itu, misalnya dalam bentuk talak, maka ia akan di benci oleh Allah, meski hal tersebut  merupakan perkara yang sah dalam pandangan agama.
3.        Istri-istri yang terlalu menuntut suami
       Istri yang kelak akan merasakan kepedihan siksa neraka adalah istri-istri yang tidak bisa berterimakasih terhadap suaminya. Istri demikian tidak punya rasa syukur terhadap apa yang sudah ad . Ia tak bisa berterima kasih terhadp jerih payah sang suami yang telah bersusah payah mencari nafkah untuk menghidupi keluarga.
4.        Istri-istri yang gemar keluar rumah dengan bersolek
       Tabarruj yaitu tindakan wanita untuk memperlihatkan kepada laki-laki lain yang bukan muhrimya terhadap anggota badan yang secara syara’ diwajibkan untuk ditutupi, baik kecantikan maupun perhiasannya. Dari pengertian tabarruj, seorang wanita berdabdab secara menor dan norak termasuk tabarruj.
            Itulah beberapa istri-istri calon penghuni surga dan calon penghuni neraka, semoga kita termasuk istri-istri calon penghuni surga. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca, terutama kaum wanita, dan yang lebih utama para istri-istri yang ingin menjadi penghuni surga.

Komentar

  1. Bagaimana kalau istri Yang suka membandingkan suami orang dengan suaminya tentang kemampuan suaminya tidak sehebat dengan suaminya orang tsb. Juga istri tersebut mengeluh dalam hidup ini ?


    BalasHapus
    Balasan
    1. itu berarti masuk di kategori istri yg terlalu menuntut kayaknya bunda

      Hapus

Posting Komentar